Monday, June 11, 2007

>KEBANGKITAN

Suara Anandam tahun 2001. awal nulis. Byk ide tp ga bs menguraikan. Maklum…………..

KEBANGKITAN

Kebangkitan macam apa yang kita inginkan. Kebangkitan nasional? Kebangkitan sukuisme? Atau kebangkitan dari alam kubur? Ataukah kebangkitan spiritual?
Abad ke-21 merupakan era kebangkitan agama-agama dan peradaban masa depan akan ditandai oleh menonjolnya pemikiran intelektual yang “suprarasional” dan kehidupan keagamaan yang “ suprareligious”. Revolusi di segala bidang kehidupan telah memaksa manusia untuk memenuhi segala kebutuhannya melalui potensi yang ada. Banyak hal telah dicapai oleh manusia namun banyak pula hal yang terlupakan. Kita tahu di dunia ini terdapat dua kubu yang saling berseberangan, peradaban barat dan peradaban timur. Peradaban barat sangat didominasi oleh pemikiran-pemikiran yang berdasarkan rasio sedangkan peradaban timur didominasi oleh religiusitas. Kedua kubu menyadari akan “kodratnya” sehingga masing-masing mencari sisi yang lain tanpa meninggalkan basic-nya. Bangsa timur mengejar ketinggalannya dalam bidang teknologi sedangkan bangsa barat giat menggali spiritualitas.
Berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan dibarengi juga dengan meningkatnya pola-pola hidup spiritualitas. Kemajuan komputer dan mesin-mesin dibarengi dengan menjamurnya pusat-pusat latihan yoga dan berkembangnya pola hdup vegetarian. Apakah ini menandakan bahwa manusia mulai bangkit kesadarannya? Nah kitapun sebagai manusia juga diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Tapi apakah kita menyadari tentang itu? Sebuah pertanyaan menggelikan memang.
Kesadaran spirital telah melanda sendi-sendi soaial masyarakat. Tapi apakah kehidupan beragama telah mencerminkan kesadaran spiritual? Ini yang perlu kita pahami bersama. Selama ini agama telah mengkotak-kotakkan kita denan berbagai dogma yang “kaku” dan mustahil untuk dilangkahi. Di lain pihak kesadaran spiritual mengajak kita untuk memahami esensi kebenaran universal yang terlepas dari dogma-dogma. Jika ada jutaan kitab suci yang menyatakan api itu dingin jelas itu tidak benar. Lalu bagaimana untuk mengetahui benar dan salah itu? Jawabannya adalah bangkitan kesadaran spiritual Anda.

No comments: